WUJUDKAN VALUE CHAIN EXPANSION, IPCC SIAPKAN CAPEX Rp35-40 MILIAR

Jakarta, STABILITASBISNIS.COM – Seiring dengan kian meningkatnya aktivitas bongkar muat kendaraan dan sejumlah ekspansi wilayah yang dilakukan oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC Terminal Kendaraan / IPCC) maka di tahun 2023 IPCC menatap tahun ini dengan optimisme, sekalipun banyak kalangan yang melihat tahun 2023 ialah tahun yang suram. Perekonomian Indonesia, terutama di bidang pelayanan industri otomotif dengan sejumlah kebijakan yang prudensial dan akomodatif dari Pemerintah, Manajemen berkeyakinan bahwa ekonomi Indonesia di tahun “Kelinci Air” ini tidaklah akan jatuh pada krisis. Tentunya Pemerintah akan terus menjaga daya beli masyarakat dan ketahanan industry agar roda perekonomian nasional dapat terus berjalan dan bertumbuh.

Sama halnya dengan roda bisnis IPCC yang terus bergulir di tahun 2023. Pasca sejumlah pencapaian yang sangat positif di tahun 2022 maka IPCC akan terus melanjutkan ekspansi bisnisnya. Diantaranya, ialah penjajakan ekspansi ke sejumlah Pelabuhan yang berpotensi untuk dikerjasamakan untuk pelayanan kapal RoRo maupun Terminal Kendaraan. Pasca merger Pelindo, saat ini IPCC telah melayani sejumlah Pelabuhan besar yang terkait dengan pelayanan kendaraan di Indonesia diantaranya, Terminal Panjang, Lampung; Terminal RoRo Belawan, Medan; Terminal Dwikora Pontianak; dan Terminal RoRo Makasar. Serta tentunya Terminal Kendaraan di area Tanjung Priok yang berdekatan dengan Kantor Pusat IPCC dan juga Terminal Gresik yang merupakan kerja sama operasi dengan pihak swasta.

Baca Juga:  Contek Bisnis Fintech, BRI Mulai Ikutan Garap Bisnis Paylater

Oleh karena itu, sejumlah persiapan pun kerap dilakukan oleh Manajemen untuk melakukan ekspansi tersebut, sesuai dengan tema korporasi di tahun ini ialah Value Chain Expansion. Andi Hamdani, Direktur Operasi dan Teknik IPCC dalam pertemuan Townhall Meeting 2022 menyampaikan sejumlah pencapaian di tahun 2022 dan persiapan untuk mewujudkan tema korporasi tersebut. “Diantaranya pencapaian kami di tahun lalu, khususnya di area Tanjung Priok ialah kami dapat melakukan penanganan sandar kapal internasional di luar Kawasan Pabean; penambahan bongkar muat di area Vehicle Distribution Center (VDC); implementasi Autogate System Terminal International sesuai Per-Dirjen BC no. 01 Tahun 2019; Implementasi Autogate System Terminal Domestik; optimalisasi lapangan baru yaitu Lapangan Ex-PP seluas 1,3 ha dan Lapangan Ex-DKP 1,4 ha; perbaikan fasilitas Lapangan Penumpukan; implementasi Terminal Operation System di Terminal Belawan; penggunaan Car cover utk meminimalisir dampak overspray; serta penataan Monitoring room utk perkuatan perencanaan dan pengendalian.” ungkap Andi.

Baca Juga:  Pos Indonesia Luncurkan Prangko Seri Ikan Hias Endemik

Andi juga menambahkan, “Di tahun 2023, yang utama ialah persiapan SDM kami untuk peningkatan standar kompetensi pelayanan; lalu implementasi pengembangan Terminal Operating System (TOS) dan Monitoring Terminal System (MTS) di seluruh Terminal Satelit; implementasi Integrasi Monitoring Terminal System (ITMS), integrasi system Operasional; serta melanjutkan program transformasi seluruh Terminal Satelit.”

Dalam pelaksanaan berbagai ekspansi tersebut, selain menggunakan penggunaan dana Operating Expense (Opex), IPCC juga menyiapkan pendanaan melalui Capital Expenditure (Capex) dengan nilai antara Rp35 miliar hingga Rp40 miliar. Sebagian besar dana capex akan dialokasikan untuk perbaikan dan pengembangan infrastruktur dan suprastruktur yang untuk kelancaran kegiatan operasional di lapangan maupun kesisteman. Sumarno, Direktur Keuangan dan SDM menyampaikan gambaran alokasi capex tersebut. “Di tahun 2023, kami menyiapkan sekitar Rp35 miliar hingga Rp40 miliar untuk perbaikan dan pembenahan sejumlah sarana dan prasarana yang kami miliki. Untuk menjamin kelancaran kegiatan operasional baik pelayanan secara fisik yang di-support dengan system yang memudahkan pelanggan dalam pelayanan.”

Baca Juga:  Tingkatkan Layanan di Tangerang Raya, Bank Banten Resmikan KCP Duta Indah Iconic

Baik Andi maupun Sumarno sepakat bahwa Direksi dan Manajemen serta seluruh insan IPCC akan terus meningkatkan kinerja dan performansi untuk menyongsong tahun 2023 ini. Melalui semangat Beyond The Gate dan mewujudkan tahun “Value Chain Expansion” berbagai upaya telah dipersiapkan cermat dan efektif untuk memastikan tercapainya tujuan perusahaan.

Berbagi Yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *